Apabila berbicara mengenai media sosial, tentu Facebook senantiasa menjadi nomor 1 didalam benak tiap orang. Mungkin, hampir setiap orang yang anda kenal pasti memiliki akun Facebook. Dan kenyataan memang benar, sebab hampir semua pengguna Dunia Maya di Indonesia memiliki Facebook . Oleh sebab itu, tak salah jika pelaku usaha skala kecil ataupun perusahaan dunia yang menginvestasi budget marketing mereka untuk beriklan di Facebook Ads.
Meskipun banyak pelaku usaha yang tahu akan hal ini, namun tak sedikit dari mereka yang masih belum menerapkan Facebook Ads selain dari faktor banyaknya pengguna internet di Indonesia. atau bahkan bisa jadi, anda sendiri belum mencoba untuk beriklan dengan Facebook Ads untuk mendorong setiap aktifitas strategi digital Marketing dan strategi Pemasaran Media Sosial.
Untuk yang masih kerap bertanya “Apa keuntunga Memakai Facebook Ads?“. Akan kami jelaskan keuntungan – keuntungan promosi memakai Facebook Ads. Ini dia keuntungan menggunakan Facebook Ads Untuk keperluan Bisnis Anda.
KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN FACEBOOK ADS
1. Metargetkan Iklan Anda ke Audience atau Target Pasar Sesuai Produk / Jasa
Apabila anda berjualan online dengan metode ‘tradisional‘ seperti memposting / menshare iklan / jasa anda, cara seperti itu dapat jadi sia – sia. Mengapa? Sebab anda memasarkan produk / jasa anda ke orang – orang yang memang pada dasarnya tak berminat dengan produk / hasrat anda.
Seperti contohnya, anda merupakan ibu rumah tangga yang memasarkan baju wanita yang didesain khusus untuk para remaja. Namun, jika anda masih memakai cara ‘tradisional‘, anda mempromosikan baju tersebut ke friend / followers anda yang rupanya telah seumuran dengan anda. akankah tepat sasaran?
Apabila anda memakai Facebook Ads, anda bisa mengiklankan produk baju wanita remaja tersebut hanya ke wanita yang berumur 18-25 tahun saja yang tergolong remaja! Sebab anda mempromosikan produk anda langsung ke sasaran pasar anda, kemungkinan terjadi sales akan kian besar. Benar kan?
Apalagi yg seharusnya diingat, ada 88 juta pengguna Facebook di Indonesia. Jumlah tersebut menciptakan Facebook menjadi sumber sasaran pasar dari seluruh industri. Pastinya, pasar untuk produk / jasa anda pasti amat banyak di Facebook.
2. Insight Yang Dapat Membantu Mengukur Keberhasilan Iklan Anda
Manfaat menggunakan iklan Facebook untuk bisnis online anda satu ini benar – benar menolong dalam decision making / pembuat keputusan. Pasalnya, anda akan diberi info/insight yang terkait dengan iklan anda secara real time berupa Dashboard yang gampang dimengerti!
Anda bisa mengenal mulai dari:
Impresi yang didapatkan dari kampanye iklan anda
Audience Reach yang ditempuh dalam kampanye iklan anda, sampai
Ada berapa orang yang berminat / klik iklan anda.
Tentu insight diatas bisa menolong anda dalam memastikan kampanye iklan yang mana yang lebih sukses. Dan tentunya, bisa sebagai data untuk membuat keputasan dalam kampanye – kampanye iklan selanjutnya.
3. Biaya Yang Lebih Murah dan Dapat Diatur Sesuai Budget Anda
Apabila usaha anda masih dalam tahap mengawali start up, pastinya anda mempunyai anggaran / budget yang amat terbatas untuk marketing. Betul kan?
Lalu muncul pertanyaan, Channel Promosi Mana Yang Murah & Dapat Ditentukan Budget?
Tentu menerapkan Facebook Ads jawabannya!
Kenapa Facebook Ads dikatakan murah? Sebab, menerapkan Facebook Ads dengan budget Rp 100.000,- saja, anda dapat menjangkau ribuan sampai puluhan ribu audience / sasaran pasar yang layak produk / jasa anda.
Anda juga dapat mengontrol berapa budget yang ingin anda pakai untuk tiap iklan di Facebook Ads. Mulai dari:
Anda dapat mengontrol waktu pembayaran, dapat harian atau bulanan.
Anda juga dapat mengontrol jadwal iklan anda akan tayang, dari tanggal berapa sampai pukul berapa.
Dengan seluruh fleksibilitas menggunakan Facebook Ads tersebut, membuat hal tersebut menjadi salah satu keuntungan menggunakan Facebook Ads untuk seluruh jenis bisnis anda.
4. Objectives & Format Iklan Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda
Sekiranya anda masih berpikir iklan di Facebook hanyalah sebatas mempromosi sebuah postingan saja, anda salah besar. Pada dasarnya, iklan di Facebook bisa anda sesuaikan menurut objectives (tujuan) & bentuk iklan yang anda pakai.
Objectives pada iklan Facebook (seperti diatas) maksudnya merupakan tujuan campaign iklan anda. Misalkan, Anda konsentrasi kepada Brand Awareness produk anda, karenanya pakailah Objectives ‘Brand Awareness‘
Anda konsentrasi kepada menaikkan visitor ke situs anda, karenanya pakailah Objectives ‘Traffic‘
Apabila anda konsentrasi kepada menaikkan interaksi Brand anda kepada calon konsumen, karenanya pakailah Objectives ‘Engagement‘.
Sedikit tips:
Apabila anda berkeinginan mempromosikan banyak varian produk dalam satu iklan, anda bisa menggunakan iklan multiple photo.Seandainya anda berharap memakai video untuk iklan anda, terdapat Fb Ads dengan bentuk video.
Oleh sebab itu, keuntungan dengan beriklan di Facebook Ads satu ini membuat iklan anda lebih jelas mengenai tujuannya & tampak lebih menarik.
itulah mengenai keuntungan yang bisa anda dapat dari facebook ads, semoga usaha yang anda jalankan bisa sukses dan mencapai tujuan atau target.
untuk membaca artikel lainnya silahkan klik disini
Terima kasih telah membaca artikel
No comments:
Post a Comment